Sosialisasi Penjaringan Calon Peserta Trade Expo Indonesia (TEI) ke-39 Tahun 2024

Bali, 30 Mei 2024 – Dalam semangat kebersamaan, acara “Sosialisasi Penjaringan Calon Peserta Trade Expo Indonesia (TEI) ke-39 Tahun 2024” diselenggarakan pada hari ini, Kamis, 30 Mei 2024. Kegiatan ini dihadiri oleh berbagai pihak, termasuk Direktur Pengembangan Ekspor Produk Primer dari Ditjen Pengembangan Ekspor Nasional Kementerian Perdagangan RI, Ketua Umum Business & Export Development Organization (BEDO), Direktur Utama PT. Debindo Multi Adhiwasti, serta para peserta sosialisasi yang antusias.

Dalam sambutan Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Bali yang di wakili oleh Sekretaris Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Bali mengucapkan rasa syukur atas kesempatan untuk berkumpul dan menyelenggarakan acara ini. Beliau menekankan pentingnya acara sosialisasi ini sebagai langkah awal dalam menghadapi era perdagangan bebas yang semakin kompetitif. Dengan persaingan yang kini merambah ke tingkat internasional, setiap produsen di Indonesia dituntut untuk meningkatkan daya saing produk mereka.

Promosi produk, lanjutnya, harus menjadi bagian tak terpisahkan dari kegiatan produksi. Cara paling efektif untuk promosi adalah melalui pameran dagang, baik di dalam maupun luar negeri. Pameran dagang ini tidak hanya berfungsi sebagai media pemasaran, tetapi juga sebagai ajang untuk mengangkat citra produk di mata pembeli domestik dan internasional. Dengan umpan balik yang cepat dan tepat, perusahaan dapat segera mengetahui penerimaan pasar terhadap produknya dan melakukan penyesuaian yang diperlukan.

Acara sosialisasi ini juga menggarisbawahi rendahnya partisipasi UKM binaan pemerintah Kabupaten/Kota dalam Trade Expo Indonesia 2023 di Banten. Dari total 984 pelaku usaha lokal dari seluruh Indonesia, hanya 21 yang berasal dari Bali dan hanya 7 di antaranya merupakan binaan Pemerintah Daerah. Diharapkan dengan sosialisasi ini, para pelaku usaha lokal di Bali lebih termotivasi untuk berpartisipasi dalam pameran-pameran mendatang, baik secara mandiri maupun dengan dukungan pemerintah.

Sosialisasi ini diharapkan dapat menginspirasi para pelaku usaha di Bali untuk memanfaatkan ajang TEI dalam meningkatkan ekspor produk Indonesia ke seluruh dunia, serta merebut pasar dalam negeri. Trade Expo Indonesia tidak hanya menjadi tempat untuk meningkatkan penjualan tetapi juga memperluas kapasitas dan relasi para pelaku usaha.